Rabu, 13 November 2013

BEDAH BUKU VALENTINO NAPITUPULU; "The Art of Uniform for Hotels & Restaurant"

acara ini diselenggarakan dan didukung oleh Pendidikan Teknik Boga dan Busana, Tata Rias (Jurusan PTBB) FT UNY. menghadirkan desainer Indonesia, Valentino Napitupulu, sebagai penulis dan menerbitkan buku "The Art of Uniform for Hotels & Restaurant". buku ini dibuat dengan tujuan agar dapat membagi ilmu-ilmu yang telah dipelajarinya dan diharapkan dapat menjadi referensi sehingga bisa lebih mencerdaskan bagi para pemula, dan para pembacanya.

Bedah buku "The Art of Uniform for Hotels & Restaurant" diselenggarakan pada hari Rabu, 13 November 2013 di gedung KPLT Lt. 3 dan dimulai sekitar jam 09.00 WIB.  acara ini  juga disponsori oleh "Maxi Style". Para pesertanya adalah mahasiswa PTBB, para dosen, wakil dari hotel, dan umum. desainer Valentino Napitupulu menjelaskan bahwa konsep membuat seragam untuk hotel dan restoran sangat besar peluangnya, karena minimal tiap tahun seragam pasti berganti. sementara dari hotel dan restoran terdapat beragam tingkatan dan departemen. dalam buku ini memuat beragam desain, perhotelan&restoran, jabatan dan pekerjaannya, dan banyak lagi. selama bedah buku berlangsung, desainer Valentino mendapat beberapa pertanyaan yang sangat menarik untuk dibahas. pertanyaan tersebut berasal dari para peserta yang beragam latar belakang, mahasiswa, dosen, para senior dan sebagainya. berikut ini merupakan beberapa pertanyaan yang berhasil saya tangkap;

Q : apakah kita harus survei lokasi hotel dan restoran yang akan dibuatkan seragam? apakah kita harus menyertakan konsep dan sample saat presentasi?
A : tentu, kita harus survei tempat dahulu sebelum membuat desain sebagai sumber inspirasi. apabila lokasinya terlampau jauh, kita dapat mengunjungi website yang dimiliki oleh pihak Hotel&Restoran. Biasanya pihak/ perusahaan besar memiliki website sendiri.
     yang kedua, jangan lupakan imej yang hendak diusung oleh pihak Hotel&Restoran sehingga imej mereka semakin naik. kemudian, usahakan agar kita lebih mendalami tentang program Adobe Photoshop. hal tersebut dapat meningkatkan kualitas desain kita saat presentasi.
    Kita juga hendaknya membuat sketsa, desain sampai contoh pakaian jadi. apalagi jika ada pertanyaan dan ide-ide yang hendak dituangkan oleh pihak Hotel&Restoran. desain kita dapat diperbaiki saat itu juga. maka sebaiknya kita tetap membuat hasil pakaian jadi minimal dua pasang, hal tersebut akan sangat membantu saat presentasi.

Q : bagaimana cara menentukan warna yang tepat untuk seragam tersebut?
A : pertama-tama, ketahui tempat dan lokasi hotel&restoran atau perusahaan yang dituju, interiornya, sifat dan karakteristik para pekerja, bentuk tubuhnya, dan terutama unsur warna. kita harus memperhatikan ruangan saat mereka bekerja, apabila tempat tersebut bernuansa gelap, sesuaikan dengan seragam berwarna terang, desain simple, dan kenyamanan.
      bahan kain yang paling nyaman digunakan adalah bahan katun (;cotton), namun gampang kusut sehingga tidak menggunakannya 100%. kita harus mencampurkannya dengan bahan lain seperti bahan polyester, yang memiliki sifat panas namun tak mudah kusut. perbandingannya harus kita perhatikan agar menghasilkan kain yang bersifat nyaman, adem, namun tak mudah kusut. selain itu, carilah bahan kain yang produksi terus menerus sehingga mudah dicari saat kita harus memproduksinya lagi.

saya juga bahkan membuat makalah terkait "uniform sebagai salah satu komunikasi non ferbal", sebagai tugas  mata kuliah Komunikasi Bisnis ha ha


Tidak ada komentar:

Posting Komentar